Wakil Bupati Pimpin Musrenbang di Muara

Muara – Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat SH menyampaikan sinergi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Desa (DD) untuk mempercepat pembangunan di Taput.

Hal itu disampaikan Wabup Taput saat memimpin Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Muara dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Gedung Serbaguna HKBP Hutanagodang, Desa Hutanagodang, Muara, Rabu (10/3/2021).

Sarlandy Hutabarat menyampaikan pesan Bupati tentang arah kebijakan strategis Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mencapai visi dan misi membangun mulai dari desa, Tapanuli Utara lumbung SDM berkualitas, pemulihan ekonomi dan penanganan penyebaran Covid-19.

“Dalam mencapai Tapanuli Utara sebagai lumbung SDM berkualitas dan handal, kita mengharapkan generasi muda bisa sekolah, pemuda di desa bisa didanai melalui dana desa pelatihan di BLK. Untuk wujudkan visi ini, kita lihat upaya Bapak Bupati mengajukan pendirian Universitas Tapanuli Raya,” kata Wakil Bupati.

Menurut Sarlandy, program pembangunan mengalami keterlambatan akibat ada kebijakan refocusing APBD. Ia juga memaparkan berbagai pembangunan di Kecamatan Muara dianggarkan melalui APBD tahun 2021.

“Atas upaya Bapak Bupati, tahun 2020 lalu kita menjadi salah satu Pemda yang memperoleh dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sehingga laju pertumbuhan ekonomi kita masih positif. Kita juga harus memaklumi penundaan pembangunan infrastruktur dan sektor lain karena anggaran dipergunakan untuk pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sarlandy berharap, percepatan pembangunan dapat terlaksana apabila terjadi sinergi dan kolaborasi antara APBD dengan Dana Desa.

“Bapak Bupati juga selalu berupaya keras untuk mendapatkan dana dari Pemerintah Pusat. Pembangunan ini dapat tetap berlanjut apabila kita laksanakan dengan konsep gotong royong. Sekali lagi, kami sampaikan agar kita semua bisa maklum atas keterbatasan anggaran saat ini,” jelas Sarlandy.

Saat Musrenbang, anggota Dewan turut memberikan arahan kepada para kepala desa dalam menyampaian usulan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2022.

Musrenbang turut dihadiri sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Muara, kepala desa serta para stakeholder. Hadir juga Wakil Ketua DPRD Reguel Simanjuntak bersama anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) III.
Penulis: Hengki Tobing

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s