Responden Pilih Kuliah di UNTARA Setelah Universitas Favorit

Tarutung – Hasil survei lembaga Sucofindo menyebutkan responden memilih akan kuliah di Universitas Negeri Tapanuli Utara (UNTARA) setelah universitas favorit di Indonesia.

Demikian hasil survei Sucofindo diterima palapapos.co.id, Jumat (5/3/2021) dari Tim Konsultan Sucofindo Khirul Umam.

Usulan Pemerintah Kabupaten  Tapanuli Utara  transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi UNTARA melibatkan lembaga Sucofindo melakukan pengkajian dan survei apabila pendirian UNTARA terwujud.

Bersasarkan hasil survei dilakukan Sucofindo terhadap 6.018 siswa tersebar di kawasan Tapanuli Raya. 75 persen menjawab ingin melanjutkan kuliah di luar Tapanuli seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Responden berasalan ingin mencari pengalaman di luar daerah dan program studi yang diinginkan belum tersedia di kawasan Tapanuli Raya. Selebihnya, responden menetapkan pilihan melanjutkan kuliah di UNTARA jika UNTARA berdiri.

Di sisi lain, berdasarkan hasil survei, banyak juga lulusan SMA/SMK Tapanuli Raya tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena keterbatasan ekonomi keluarga, apalagi kalau harus kuliah ke luar daerah.

Masih berdasarkan hasil kajian Sucofindo, sebesar 100 persen dari 24 responden tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pemerhati pendidikan berpendapat pendirian UNTARA akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di Tapanuli Utara.

Sebanyak 11.219 responden masyarakat, sebesar 99,1 persen berpendapat bahwa keberadaan UNTARA akan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, 95,7 persen berpendapat bahwa keberadaan UNTARA akan meningkatkan daya saing pariwisata di daerah Tapanuli Utara dan sekitarnya, 99 persen berpendapat bahwa keberadaan UNTARA akan meningkatkan perekonomian masyarakat secara keseluruhan dan meningkatkan citra Tapanuli Raya di Indonesia.

Menurut Khirul Umam, berdasarkan hasil sejumlah survei tersebut, Sucofindo merekomendasikan pendirian perguruan tinggi di wilayah Tapanuli Utara sangat dibutuhkan terutama oleh siswa berada di kawasan Tapanuli Raya diantaranya Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tobasa dan Samosir.

Lanjut Sucofindo, keberadaan UNTARA disebut akan memiliki dampak ekonomi cukup besar melalui investasi kegiatan ekonomi yang dibutuhkan mahasiswa maupun pengunjung lainnya.

Selain itu, keberadaan UNTARA akan mengurangi uang keluar (capital out flow) dan membantu mengurangi biaya pendidikan orang tua jika menguliahkan anak ke Medan, Jawa dan pulau lainnya, sehingga diharapkan kegiatan ekonomi di wilayah Tapanuli Raya dapat berkembang.

Sucifindo juga merekomendasikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara perlu melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat mengenai upaya pendirian UNTARA dengan dukungan seluruh pihak berkepentingan.

Potensi dan dukungan masyarakat harus dijadikan tolok ukur kebijakan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk memperkuat keberadaan UNTARA sebagai episentrum pendidikan di wilayah Tapanuli Raya yang mampu meningkatkan kualitas SDM unggul dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti diketahui, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi telah menyurati Presiden Joko Widodo tentang usulan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, pada 28 Januari 2021.

Usulan tersebut juga melampirkan hasil kajian studi kelayakan pendirian UNTARA oleh tim ahli diketuai Prof Dr. Marlon Sihombing, MA dan hasil analisis dampak ekonomi pendirian UNTARA dari lembaga survei Sucofindo.
Penulis: Hengki Tobing

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s