Jalan Tol Rampung, Waktu Tempuh Kualanamu-Parapat Satu Setengah Jam

Parapat – Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Bandara Kualanamu dengan Parapat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan daerah sekitar.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, saat meninjau salah satu akses menuju Danau Toba tersebut.

Bawa Danau Toba ke Panggung Wisata Dunia
“Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada demi memutar perekonomian masyarakat,” kata Luhut saat melanjutkan peninjauan pembangunan fasilitas pendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, yakni ke proyek jalan tol Tebing Tinggi-Serbelawan.

Luhut menyebut pembangunan tol ini akan menjadikan waktu tempuh dari Parapat hingga Bandara Kualanamu menjadi satu setengah hingga dua setengah jam.
“Nantinya juga akan dibangun kawasan-kawasan wisata di sekitar jalan tol yang diharapkan dapat memajukan usaha UMKM sekitar. Jalan tol itu diharapkan dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat sekitar secara keseluruhan selain mendukung akses menuju destinasi Danau Toba,” ujarnya, dilansir dari Antara, Minggu (14/2).

Rencananya, jalan tol yang akan dibuka pada akhir Desember 2021 itu akan menghubungkan sampai ke Pematangsiantar. Sedangkan rencana pembangunan jalur Parapat dan Sibolga diperkirakan akan rampung pada tahun 2024.

Luhut berharap, berbagai kemajuan pembangunan akan segera dirasakan oleh masyarakat sekitar dan Danau Toba akan menjadi salah satu daerah DPSP yang telah memiliki kemajuan yang pesat.

“Sangat membanggakan, pembangunan ini agar dilaksanakan dengan rapi, akan mengubah tanah ini menjadi penuh harapan untuk dikembangkan ke depannya,” tutup Luhut yang merupakan putra daerah Toba Samosir itu.
Dalam catatan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol yang merupakan konektivitas pendukung dari Medan ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba terdiri dari enam seksi yaitu Seksi 1 Tebing Tinggi-Inderapura (20,40 km), Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung (18,05 km). Kemudian Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan (30 km), Seksi 4 Serbelawan-Pematangsiantar (28 km), Seksi 5 Pematangsiantar-Seribudolok (22,30 km), dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat (16,70 km)
Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,25 km merupakan lanjutan dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sepanjang 61,72 km yang telah selesai dibangun.
(EAL)

Satu pemikiran pada “Jalan Tol Rampung, Waktu Tempuh Kualanamu-Parapat Satu Setengah Jam

  1. Jonson Hutauruk SPd

    Mantap bangetz jalan Tol Siantar – Parapat – terus Balige-Bandara Silangit sampai ke Sibolga, semoga tercapai jangan hanya hayalan aja

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s