Taput 5 Februari Vaksinasi Covid-19

Kadis Kesehatan Taput Alexander Gultom

Tarutung – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh agama Kabupaten Tapanuli Utara akan menjadi warga Taput pertama melaksanakan vaksinasi Covid-19, Jumat, 5 Februari 2021.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tapanuli Utara Alexander Gultom SKM, MKes via selular, Selasa (2/2/2021) membenarkan rencana vaksinasi Covid-19 tahap pertama tersebut.

“Kita rencanakan Jumat ini di rumah dinas Bupati. Forkopimda, Ketua MUI dan Ephorus HKBP akan menjadi orang pertama mendapat vaksinasi, kalau kita hitung sekitar 10 orang,” kata Alexander.

Menurut Alexander, Kabupaten Taput menerima 3.400 vial vaksin untuk tahap pertama.

“Termasuk tenaga kesehatan yang di data akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Empat tenaga medis sebagai petugas menyuntikkan vaksin telah disiapkan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Setelah itu, sambung Kadis, secara bergiliran warga sesuai ketentuan yakni usia 18-59 tahun mendapat vaksinasi Covid-19.

Alexander menyampaikan, sebelum mendapat vaksinasi ada proses atau ketentuan yang harus diikuti melalui skrining awal vaksinasi Covid-19.

“Skrining awal itu untuk mendeteksi apakah mereka boleh divaksin atau tidak karena secara medis ada orang yang tidak boleh divaksin atau ditunda vaksinasinya,” ungkapnya.

Alexander juga menegaskan, penderita penyakit paru seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau TBC ditunda vaksinasi sampai kondisi pasien membaik.

“Untuk pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi minimal setelah dua minggu mendapatkan obat anti tuberkulosis (OAT),” jelasnya.

Sedang penderita diabetes tipe 2, dapat diberikan vaksinasi apabila kondisinya terkontrol dan HbA1C di bawah 7,5 persen.

“Untuk penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format skrining, dapat berkonsultasi ke dokter ahli yang merawat,” pungkasnya. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s