SMAN 1 Purbatua Dilayani 1 Orang Guru PNS

Tarutung – Menanggapi keluhan orang tua anaknya mengecap pendidikan di SMA Negeri 1 Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) hanya dilayani seorang guru. Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi memohon agar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengirimkan guru PNS di salah satu Kecamatan terjauh di wilayahnya.

Kecamatan Purbatua hanya memiliki satu SMA yaitu SMA Negeri 1 Kecamatan Purbatua dan kurangnya guru membuat kualitas belajar mengajar tidak maksimal.

“Disana terdapat siswa sebanyak 143 orang pada tahun 2018 dan 112 orang pada tahun 2019 sedangkan guru hanya satu orang yang juga sebagai Kepala Sekolah,” kata Bupati Nikson Nababan, Rabu (14/10/2020).

Melihat kenyataan itu, Nikson melayangkan surat permohonan kepada Gubernur Sumut.

“Kiranya Gubernur mendistribusikan guru PNS untuk memenuhi kekurangan,” ujar Bupati.

Untuk memperlancar proses belajar mengajar tidak terganggu, Nikson mengungkapkan perlu direkrut guru kontrak sebanyak 14 orang.

Dengan luasan wilayah Kecamatan Purbatua 191,80 Km² dengan jumlah penduduk sebanyak 7.743 jiwa dengan tingkat kepadatan 40 jiwa/Km² pastinya angka pelajar melanjut jenjang SMA cukup tinggi.

“Itulah yang menjadi dasar dan memang awal pendirian SMA Negeri tersebut didorong masyarakat sehingga mereka tidak perlu jauh ke Sarulla untuk sekolah,” pungkas Bupati. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s