Pemkab Taput akan Lakukan Swab Test Massal Selama 5 Hari

Tarutung – Pemerintah Kabupaten   Tapanuli Utara   akan melakukan Swab Test massal dipusatkan pada empat Puskesmas selama lima hari.

Dalam rangka melihat kesiapan Swab Test, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Agus Widodo dan Kapolres AKBP Jonner Samosir serta Sekretaris Daerah Drs Indra Simaremare MSi mendampingi tim kerja Monev Satgas Covid-19 Pusat Brigjen TNI (Purn) Edison Simanjuntak dan Laksma TNI (Purn) Dede Yuliadi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan paparan dilakukan pihaknya seputar penanganan Covid-19 dan kebutuhan akan APD serta alat Swab Test, di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati, Senin (21/9/2020).

“Terimakasih atas kunjungan langsung tim melihat langsung ke lapangan dan saya berharap kehadiran tim bisa membawa kecerahan di Taput tentang APD dan alat Swab Test. RSUD Tarutung adalah rumah sakit rujukan bagi beberapa Kabupaten. Keterpaduan antara tim Pusat, Provinsi dan Kabupaten sangat menentukan keberhasilan penanganan Covid-19 di negara kita,” kata Nikson.

Nikson mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan upaya maksimal dalam penanganan Covid-19 dengan keterbatasan sebagai rumah sakit rujukan.

“Upaya maksimal telah kita lakukan demi kemanusiaan dalam situasi keterbatasan APD dan alat kesehatan. Kami berharap Swab massal ini ditunjang sepenuhnya oleh Tim Monev Covid-19 Pusat sehingga bisa sukses dengan sepenuhnya,” ujar Bupati.

Berbicara tentang pemulihan ekonomi, Nikson telah sepakat bersama Forkopimda tentang penanganan pandemi Covid-19 secara massive sebagai prioritas.

“Kita sudah lakukan apa yang perlu untuk melindungi masyarakat dari paparan Covid-19,” pungkas Bupati.

Terpisah Kadis Kesehatan Alexander Gultom SKM menyebutkan jadwal Swab Test massal akan dilaksanakan di empat Puskesmas selama lima hari.

Jadwal itu sebut Alexander dimulai Senin 21 hingga 25 September di Puskesmas Hutabaginda Tarutung, Puskesmas Siatas Barita Siatas Barita, Puskesmas Situmeang Habinsaran dan Sitada Tada Kecamatan Sipoholon, serta kembali ke Puskesmas Hutabaginda.

“Akan ada 255 warga Taput terdiri dari masyarakat, ASN, TNI/Polri serta tenaga kesehatan yang menjalani Swab Test selama lima hari, kalau dibagi rata-rata lima puluhan warga per Puskesmas,” kata Alexander.

Alexander menyebutkan, Swab Test massal tersebut masih tahap pertama. “Ini masih tahap pertama dan akan ada tahap berikutnya,” pungkasnya. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s