Operasi Yustisi di Taput Disiplinkan Warga Taati Protokol Kesehatan

Tarutung – Pemerintah Kabupaten   Tapanuli Utara   mulai melaksanakan Operasi Yustisi, Senin (14/9/2020). Tim Operasi Yustisi yakni TNI/Polri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan bertujuan mendisiplinkan warga mentaati protokol kesehatan.

Tim tersebut turun kelapangan sekaligus mensosialisasikan pendisiplinan protokoler kesehatan serta membagikan masker ke warga yang penerapannya berlaku diseluruh Indonesia.

Kapolres Taput melalui Kasubbag Humas Aiptu W. Baringbing kepada wartawan membenarkan pemberlakuan Operasi Yustisi jauh sebelum operasi tersebut dijalankan.

“Petugas gabungan kita sudah sosialisasi sebelumnya ke masyarakat di setiap Kecamatan. Namun untuk kali ini, kita akan lebih serius lagi mengingatkan warga,” kata Baringbing.

Dari hasil analisa di lapangan, Baringbing menyatakan masih banyak warga melanggar bahkan Peraturan Bupati Taput Nomor 40 tahun 2020 ada sanksi berupa administrasi dan denda seakan tidak menjadi momok.

“Sebelum penindakan kita terapkan, lebih baik kita ingatkan dulu agar masyarakat jangan terkejut,” tambahnya.

Selanjutnya, Baringbing menyampaikan tim gabungan yang bergerak di lapangan masih membagi-bagi masker.

“Tim berpindah-pindah tempat agar semua tahu. Sambil memberikan masker kita mengingatkan. Tiga hari kedepan penindakan sudah diberlakukan berupa denda Rp 150.000 bagi yang tidak menggunakan masker di luar rumah apabila bepergian, serta sanksi sosial lainya,” tegas Baringbing.

Menurutnya, apabila sudah dilakukan penindakan nantinya, masyarakat jangan terkejut. Sesuai aturan yang diterapkan.

“Intinya, aturan itu dibuat untuk kepentingan kita, agar kita terhindar dari wabah Covid-19 yang terjadi saat ini, serta kita ikut berperan untuk memutus perkembangan virus ini,” paparnya.

Baringbing dalam kesempatan tersebut juga mengimbau kepada masyarakat peduli dengan diri sendiri, keluarga dan juga teman-teman sekitarnya.

“Dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan, maka kita sudah berperan untuk memutus mata rantai perkembangan Covid -19 ini. Pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan,” pungkasnya. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s