Bupati Resmikan Rumah Pembibitan Kemenyaan

Parmonangan – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan  MSi meresmikan rumah pembibitan Kemenyan di Dusun Tornauli,  Manalu Dolok, Parmonangan , Rabu (12/8/2020).

Turut hadir pada peresmian anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan Maradona Simanjuntak serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Taput.

“Ini suatu kebanggaan bagi saya, masyarakat bisa berpikir kreatif dan inovatif. Mudah-mudahan ini bukan hanya seremonial, tetapi harus berhasil dan berkembang. Harus bisa orang mau cari Kemenyan, datanglah ke Tornauli. Sebagai permulaan, Pemkab Taput akan memesan 20.000 batang bibit Kemenyan untuk tahun depan untuk dibagikan ke masyarakat lainnya,” kata Bupati Nikson saat peresmian.

Selanjutnya Bupati Nikson menyampaikan, terkait persoalan tanah adat, Pemkab Taput sudah memproses Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati agar kemudian tanah adat bisa digarap.

“Kita akan atur sesuai kebutuhan dan azas keadilan. Saya juga melihat gunung disekitar sini agak gundul, tolong ditanami kembali. Ini akang longsor karena kemiringannya. Ini kebutuhan kita bersama, keselamatan bersama, tolong diremajakan. Sudah diambil kayunya, ditanam lagi sebagai pengganti,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan Maradona Simanjuntak menyampaikan terimakasih atas kebersamaan masyarakat adat Tornauli dan atas kesigapan Bupati Taput dalam mengeluarkan usulan Perda tentang masyarakat adat.

“Untuk pengembangan bibit Kemenyan ini juga kami sangat berharap perhatian Pemerintah untuk seterusnya. Terimakasih kehadiran bapak Bupati dalam kegiatan ini,” kata Maradona.

Sementara itu, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Roganda Simanjuntak menyampaikan rasa terimakasih atas cita-cita masyarakat Tornauli melestarikan kembali tanaman Kemenyan sejak dulu adalah tanaman yang menghidupi masyarakat setempat.

“Terimakasih juga atas perhatian bapak Bupati yang begitu besar kepada masyarakat adat Tornauli. Ini juga sudah disampaikan kepada Menteri Lingkungan Hidup. Diharapkan rumah pembibitan Kemenyan bisa memasok bibit untuk wilayah kawasan Danau Toba,” ujar Roganda mengakhiri.

Kepala Desa Manalu Dolok, Pardomuan Manalu juga turut mengucapkan terimakasih kepada Bupati Taput.

“Inil merupakan kerinduan masyarakat Tornauli pak Bupati. Terimakasih pak. Selanjutnya kami berharap kedepan agar tetap difasilitasi, khususnya masyarakat adat Tornauli,” kata Pardomuan Manalu. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s