Enam Posko Antisipasi Masuknya Covid-19 ke Taput

Tarutung – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menyiapkan posko pemantauan jalur udara, darat, dan air untuk memantau orang keluar dan masuk masuk wilayah Taput. Hal ini dilakukan menindaklanjuti langkah cepat mengantisipasi masuknya Covid-19 ke Tapanuli Utara.

“Untuk melakukan pemantauan dan lebih efektif penanganan serta pencegahan Covid-19 kita buat enam posko,” kata Sekretaris Daerah Taput Drs Indra Simaremare MSi usai memimpin rapat di Kantor Badan Penanggulanan Bencana Alam Daerah (BPBAD), Rabu (18/3/2020).

Keenam Posko itu berada dijalur pintu masuk melalui udara, darat dan air yakni posko perbatasan Taput-Sipirok di Simangumban, posko perbatasan Taput-Sibolga di Adiankoting, posko perbatasan Taput-Toba di Siborongborong, dan posko perbatasan Taput-Humbang Hasundutan.

Sementara itu untuk jalur udara berada di Bandara Internasional Silangit sedangkan jalur air di dermaga Muara.

“Nantinya posko itu akan diisi tim yang dihunjuk tergabung dalam gugus satuan tugas, kita harapkan dapat meminimalisir masuknya Covid-19 ke daerah ini,” ungkapnya.

Terkait anggaran yang disediakan untuk penanganan penanggulangan dan pencegahan Covid-19, Indra menegaskan belum bisa dipastikan besarannya.

“Kita siapkan namun besarannya belum bisa dipastikan karena sifatnya fleksibel, seperti kita siapkan untuk pembelian Masker dan Hand Sanitizer namun saat ini sulit ditemui,” katanya.

Namun, Indra menegaskan berbagai langkah dan keputusan diambil Forkopimda merupakan upaya menyelamatkan warga Taput.

“Upaya kita harus maksimal dan kita harap wabah virus Corona itu tidak sampai kemari,” harapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabulaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare memimpin Rapat bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu bersama seluruh jajaran untuk membahas upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Virus Corona (Covid-19) di Kantor BPBD Taput, Tarutung, Rabu (18/3/2020).

Pada kesempatan itu, Sekda menekankan agar BPBD merupakan Sekretariat Penanganan Penanggulangan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tapanuli Utara dapat berfungsi maksimal sebagai Pusat informasi terkait Penanganan Virus Corona di Tapanuli Utara.

“Saya berharap seluruh jajaran BPBD agar dapat kerja secara maksimal, kita berikan pelayanan maksimal dengan iklas untuk menjaga masyarakat dan jangan lupa untuk menjaga keselamatan diri. Semoga Kabupaten Tapanuli Utara yang kita cintai ini terhindar dari segala mara bahaya,” kata Indra. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s