Bupati Taput Minta Sayur Mayur Tanpa Pestisida Dikembangkan

Siborongborong – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi meminta sayur mayur tanpa pestisida dikembangkan saat meninjau lahan pertanian Hidroponik sayur mayur tanpa pestisida di Desa Pohan Tonga, Siborongborong, Tapanuli Utara, Kamis (6/2/2020).

“Saya apresiasi atas pengembangan jeruk varietas Sunkis Siborongborong yang rasanya manis dan segar. Ini perlu disosialisasikan bagi petani Jeruk di Tapanuli Utara untuk mengembangkan varietas ini tanpa pestisida, jadi bisa langsung dikonsumsi,” kata Bupati yang juga tampak turut hadir Ketua DPRD Ir Poltak Pakpahan dan sejumlah OPD Pemkab Taput.

Sebut Nikson, ini langkah maju bagi sektor pertanian Taput. “Untuk itu perlu dikembangkan terus karena kebutuhan masyarakat sekarang adalah buah dan sayur higienis dan tanpa pestisida,” imbuhnya.

Selanjutnya Nikson juga mengunjungi Screen House (rumah kaca) milik PT Wahana Sumber Jaya untuk pertanian sayur mayur Hidroponik.

“Sayur higienis seperti ini bisa langsung dinikmati ditempat dan sangat bagus untuk kesehatan. Disamping lebih sehat dan higienis juga pasarannya akan lebih luas,” jelas Nikson.

Nikson menginginkan pertanian Hidroponik meluas bagi masyarakat Tapanuli Utara. Begitu juga bagi pimpinan OPD turut serta sebagai mitra bagi mereka untuk mengembangkan pertanian Hidroponik.

“Permintaan untuk buah dan sayur ini sangat tinggi, sementara yang mereka hasilkan belum bisa memenuhi permintaan. Semua penyuluh Pertanian, Gapoktan dan juga Kelompok Tani untuk studi banding kesini,” kata Bupati.

Kepala Kebun, Rudi dalam kesempatan itu menyampaikan rasa bahagia atas kunjungan Bupati Taput.

“Terimakasih atas kunjungannya Pak Bupati. Kunjungan ini sangat berharga bagi kami. Kami berharap kunjungan berikutnya, lahan ini salah satu upaya mengurangi ketergantungan impor,” kata Rudi.

Sambil memetik dan menikmati jeruk, melon, strawberry, anggur, apel, jagung manis M28 dengan kepastian harga dipasaran dan sayur Hidroponik, Bupati Taput mengajak pihak Perusda pertanian juga mengambil langkah menyikapi pertanian Hidroponik ini dengan kelebihan higienis dan mudah dirawat.

Usai meninjau, Bupati dan rombongan disuguhi hasil buah pertanian Hidroponik yang sangat nikmat, baik dalam bentuk buah langsung makan maupun jus. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s