Seleksi Ujian Tertulis Calon Perangkat Desa Direncanakan Akhir Desember

Tarutung – Seleksi ujian tertulis calon perangkat desa di Tapanuli Utara direncanakan dilaksanakan akhir Desember 2019.

Hal itu dikatakan Kadis Pemdes melalui Kabid Pemerintahan Desa, Estomihi Sihombing kepada palapapos.co.id, Jumat (13/12/2019).

Estomihi mengatakan, ada 6 perangkat desa direkrut dengan posisi Kepala Seksi (Kasi) 3 orang mengisi Kasi Pemerintahan, Kasi Pelayanan dan Kasi Kesejahteraan serta 3 Kepala Dusun (Kadus) masing-masing desa.

Sementara untuk posisi mengisi tiga jabatan Kepala Urusan (Kaur) di isi perangkat desa yang lama, yakni Kaur Tata Usaha, Keuangan dan Kaur Pelayanan. Yang direkrut memenuhi perubahan struktur Pemerintahan Desa adalah tiga Kepala Seksi dan tiga Kepala Dusun.

“Dengan demikian nanti Pemerintahan Desa di isi sebanyak 12 personil termasuk Kepala Desa dan Sekretaris Desa,” kata Estomihi.

Terkait persyaratan mutlak untuk perangkat desa yang baru minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun dengan tingkat pendidikan SMA sederajat.

“Tidak ada ketentuan harus penduduk desa bersangkutan, bebas dari seluruh wilayah Indonesia, sepanjang memenuhi persyaratan, kecuali bila diterima melalui proses, tentu yang bersangkutan wajib tinggal dan berdomisili di desa tersebut,” jelas dia.

Estomihi mengatakan, pihaknya segera akan menyurati setiap Kepala Desa, agar panitia penjaringan perangkat desa ditingkat desa yang telah terbentuk mempersiapkan diri.

Mata ujian disiapkan pihak Dinas PMD dengan materi pengetahuan umum dan spesifikasi, pelaksanaan ujian dilaksanakan secara serentak. “Mudah-mudahan dalam bulan Desember 2019 ujian akan dihelat” ujarnya.

Hingga saat ini, Estomihi mengakui belum satu pun desa dari 241 desa di Tapanuli Utara yang telah melaksanakan ujian calon perangkat desa.

“Kalau disebut ada yang sudah melaksanakan, itu tidak benar sama sekali,” kata dia.

Informasi diperoleh, sebelumnya masyarakat yang berminat menjadi perangkat desa telah mengurus kelengkapan persyaratan, contohnya bebas narkoba dari rumah sakit setempat dan persyaratan lainnya sesuai pengumuman masing-masing kantor Kepala Desa, namun tim penjaringan di desa yang telah terbentuk belum membuka penerimaan pendaftaran. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s