3 Kecamatan Dipersiapkan Jadi Kawasan Perkotaan

Tarutung – Tiga Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara dipersiapkan jadi kawasan perkotaan setelah Kabupaten Tapanuli mendapat bantuan teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dari Kementerian ATR/BPN.

Nantinya kawasan ini dipersiapkan menjadi kawasan ekonomi perkotaan yakni Sipoholon, Tarutung dan Siatasbarita dan diprediksi akan berkembang pesat.

Kadis PUPR Taput melalui Kabid Penataan Ruang dan Pertamanan Afrinton Siregar, Kamis (12/12/2019) membenarkan adanya pertemuan dengan Kementerian ATR/BPN.

“Semalam langsung dipimpin Wabup Sarlandy Hutabarat SH membahas dengan Direktur Penataan Kawasan Kementerian ATR/BPN  Supriady,” kata Afrinton Siregar.

RDTR sebut Afrinton sebagai instrumen pengendalian penataan ruang pada tiga kawasan perkotaan dimaksud.

“Pertemuan ini sebagai pembahasan yang keempat kalinya dan ada beberapa proses lagi yang akan dilaksanakan untuk menjadi Perda di tahun 2020,” ujar dia.

RDTR saat ini ditambahkan Afrinton sudah masuk menjadi salah satu agenda Propemperda DPRD Taput 2020.

“Kenapa kita dapat bantuan teknis pembahasan, karena kita menjadi salah satu daerah dari 57 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan potensi ekonomi berkembang pesat,” katanya.

Sebagai instrumen pengendali penataan ruang di ketiga kawasan perkotaan, tujuan kajian ini akan diaplikasikan dan dimasukkan dalam sistem proses percepatan perizinan secara terintegrasi online atau Online Single Submission (OSS).

Sebelumnya, Direktur Penataan Kawasan Kementerian ATR/BPN Supriady meminta kepada Taput untuk segera melanjutkan proses pembuatan Perda karena peluang sebagai salah satu daerah mendapat bantuan teknis pembuatan materi teknis tidak sia-sia.

“Hanya empat Kabupaten di Sumut yang mendapat bantuan program ini,” kata Supriady.

Wabup Sarlandy Hutabarat meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih giat memberi informasi demi kajian lebih detail, serta mengharapkan RDTR mengakomodir isu lokal yang harus ditangani. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s