Pemkab Taput Luncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai Untuk 14.213 KK

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi diwakili Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat SH didampingi Kadis Sosial Irwan Hutabarat SE meluncurkan penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tapanuli Utara yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tarutung, Selasa (10/12/2019).

“BPNT ini merupakan Program Pemerintah Pusat dari Bapak Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimana salah satu fokusnya adalah pemerataan pembangunan pedesaan untuk menumbuhkan perekonomian,” ucap Wakil Bupati membacakan sambutan Bupati Taput.

Ia mengimbau, agar keluarga penerima manfaat dapat mempergunakan bantuan dengan baik sesuai dengan tujuan program tersebut serta mengharapkan para KPM semakin gigih berupaya dan bekerja.

“Saya berharap agar saudara sekalian penerima manfaat, mampu meningkatkan perekonomiannya sehingga tidak selalu bergantung dari bantuan seperti ini,” ucapnya.

Lebih jauh, Sarlandy menyampaikan, pihaknya menyadari bahwa didalam program BNPT masih terbatas dan bahkan mungkin ada yang tidak tepat sasaran.

Untuk itu, ia meminta kepada kepala desa dan lurah untuk segera memberikan masukan dan melakukan upaya penyempurnaan data, agar semakin valid sehingga tidak terjadi penyimpangan.

“Program ini akan selalu diawasi pihak berwajib. Saya juga mengajak bapak-ibu untuk sehati dan sepemikiran bersama pemerintah dalam membangun Tapanuli Utara,” ujarnya.

Usai membacakan arahan Bupati, Wakil Bupati didampingi para undangan menyerahkan voucher pangan serta beras dan telur secara simbolis kepada 10 PKM.

Sementara itu, Kadis Sosial Taput Irwan Hutabarat SE menjelaskan, jumlah KPM BPNT se-Tapanuli Utara adalah sebanyak 14.213 keluarga. Penyaluran perdana dilaksanakan di Kecamatan Tarutung, jumlah voucher pangan yang masuk ke rekening masing-masing PKM setiap bulannya adalah sebesar Rp110.000 dan selanjutnya ditukarkan berupa beras dan telur pada warung agen elektronik yang telah dihunjuk.

“Pada penyaluran saat ini, KPM menerima bahan pangan dua bulan, yaitu untuk Bulan September dan Oktober 2019, sehingga masing-masing KPM menerima voucher sebesar Rp 220.000,” jelas Irwan.

Kegiatan peluncuran tersebut dihadiri beberapa pimpinan OPD, pejabat polres Taput, perwakilan Bulog sebagai supplier, Bank Mandiri, para Kepala Desa/Lurah, para Koordinator dan pendamping, Agen E-Warung se-Kecamatan Tarutung dan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM). (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s