Pulo Sibandang, ‘Kepingan Surga’ di Danau Toba

Pulau Sibandang, Muara

Muara – Pulau Sibandang terletak di Tapanuli Utara, merupakan pulau kedua terbesar setelah Pulau Samosir yang ada di pinggiran Danau Toba. Daerah itu terlihat kecil saat dipandang dari Taman Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Didua tempat inilah Kemah Pers Indonesia (KPI) pada 14 – 16 November 2019 akan dilaksanakan. Pulau Sibandang jadi arena kemah, dan Taman Sipinsur, salah satu tujuan yang akan didatangi para peserta.

Ketua Pelaksana KPI, Devis Karmoy menceritakan, menuju Pulo Sibandang di Kecamatan Muara, ada tiga rute, pertama via Parapat, Siborongborong dan Dolok sanggul. Ketiga rute tetap masuk dari simpang Bandara Silangit, kemudian menuju pelabuhan kapal di Desa Unte Mungkur Kecamatan Muara.

Jarak tempuh di antara ketiga jalur itu, dari Parapat-Samosir-Pulo Sibandang 2 jam, lebih cepat satu jam dibanding dari Dolok Sanggul-Pulo Sibandang 45 menit, dari Siborongborong-Pulo Sibandang 30 menit.

Dari pelabuhan Desa Unte Mungkur ke Pulo Sibandang berjarak 600 meter, dengan jarak tempuh sekitar sepuluh menit. Kapal, alat transportasi utama, dan mengenai intensitas hilir mudiknya kapal tidak menentu, tergantung pada banyaknya penumpang saat itu.

Di Pulo Sibandang ada tiga desa, antara lain Desa Sibandang, Papande dan Sampuran, untuk Desa Sibandang memiliki luas sekitar 461 hektar. Kehidupan masyarakat adalah bertani bawang, kopi, coklat dan lebih dikenal dengan penghasil Mangga Toba.

“Kami sangat simpatik dan sangat senang melihat sikap yang diberikan Kades Sibandang, Kades Sibandang, Drs. Pakter T Sinaga kepada panitia. Dalam keadaan sakit beliau masih semangat menyambut kedatangan kami dan Sekcam Muara Budianto Simatupang SPd,” ujar Ketua Pelaksana KPI, Devis Karmoy.

“Silakan, ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan tempat berkemah, ada dekat dari rumah ini, dekat pinggiran danau, ada juga di lapangan dan lainya. Kalau dekat rumah ini peserta tidak kesulitan lagi dengan air dan yang ingin mandi atau berenang juga bisa,” ucap Pakter sembari menjelaskan kepada peserta.

“Nanti kita akan bersihkan lokasinya, saya akan minta bantuan masyarakat agar peserta bisa lebih nyaman,” ujar Pakter, yang juga Sarjana Pertanian di Universitas Sumatera Utara (USU).

Mengingat, lanjut Pakter menjelaskan, kebutuhan yang ada dapat diberdayakan masyarakat silahkan, misalnya konsumsi dan transportasi akan difasilitasi untuk mengangkut para peserta, gratis.

“Tiga kepala desa yang ada di Pulo Sibandang ini sangat berkeinginan meningkatkan pariwisata yang di daerah ini. Jadi, saya mewakili, kalau untuk mengembangkan desa kami khususnya pariwisata pasti kita mendukung,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pulau Sibandang ini dikenal dengan mangga Toba nya dari dahulu, apapun yang ditanam pasti tumbuh subur jadi bisa dikatakan tanah kepingan surga. Banyak hasil tanaman dari pulo (istilah lokal yang berarti pulau) ini.

Senada dengan itu, Rajagukguk, yang datang dari Bekasi ketepatan ada di Desa Sibandang mengatakan, tanah Pulo Sibandang ini sangat subur apa pun ditanam tumbuh, dan sangat senang mendengar Kemah Pers Indonesia ini.

“Apa lagi dibuat di tanah kelahiran atau kampung saya, yang tadinya rencana pulang ke Bekasi dalam minggu ini, akan saya undurkan,” tutur Rajagukguk.

Pulo Sibandang tepatnya di desa Sibandang ini sudah ada Cottage yang posisi di depan danau, kamar, ada kamar mandi, dapur, dan juga sudah ada 38 homestay, ada yang di rumah adat, rumah biasa dan menginap satu malam 120.000 dengan fasilitas sebagian ada matras, kamar mandi dan lainnya.

Sekolah juga SMP Negeri 4 Muara satu dan empat sekolah dasar (SD) antara lain, SD Negeri di Desa Papande satu, Sampuran satu dan Sibandang dua dan masyarakat Pulo Sibandang begitu ramah-ramah.
(rel/csp)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s