Irigasi Sidilanitano akan Mengairi Lahan Pertanian di Lumban Tongatonga

Lumbantongatonga – Pemerintah dan warga Desa Lumban Tongatonga, Siborongborong, Tapanuli Utara menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi atas dibangunnya irigasi yang akan mengairi ratusan hektare lahan pertanian di desa tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Lumban Tongatonga, Ali Sadikin Nababan SH kepada wartawan, Jumat (8/11/2019).

“Sebelumnya lahan pertanian Sitorngom yang seluas 1.200 hekatre hanya mengharapkan hujan untuk mengairi lahan. Melalui pembangunan irigasi dari Sidilanitano oleh Kementerian sepanjang sekitar 2 kilometer pada tahun ini akan dapat mengairi kurang lebih setengah area pertanian tersebut,” katanya.

Lanjut Ali Sadikin, proyek pembangunan irigasi itu disebut masih akan berlanjut untuk tahun depan. Dengan panjang kurang lebih 2 kilometer lagi.

“Kalau pekerjaan irigasinya dapat dilanjut tahun depan, maka seluruh lahan pertanian di Sitorngom akan dapat diari,” ujar dia.

Dijelaskan Ali Sadikin, area pertanian Sitorngom sudah sekitar 25 tahun tidak dialiri irigasi. Sehingga warga sering mengalami gagal panen.

“Dengan adanya irigasi diharapkan akan dapat meningkatkan produksi pertanian padi dan palawija. Makanya kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Bupati Taput dengan telah dibangunnya irigasi untuk lahan pertanian Sitorngom,” katanya. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s