Ketua Dekranasda Taput Bekali Masa Depan Warga Binaan Rutan Tarutung

Terpidana Kerusuhan Pilkada Leo Napitupulu sangat terharu
Tarutung – Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora SE membekali masa depan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tarutung.

Sebanyak 29 warga binaan yang berminat dilatih bertenun, sehingga ketika nantinya selesai menjalani masa tahanan bisa melanjutkan hidupnya.

“Saya sangat senang, kepala Rutan menyambut baik kerjasama pelatihan bagi warga binaan untuk bertenun,” ujar Satika, Rabu (25/9/2019) sesaat sebelum membuka pelatihan.

Satika juga mengharapkan, warga binaan bisa memanfaatkan kesempatan ini, sehingga nantinya yang diajarkan instruktur bisa cepat ditangkap.

“Kali ini, kami modali baik pelatihan maupun bantuan benang, nantinya ketika sudah menghasilkan kita tampung produk Ulosnya dan uangnya silahkan dimodalkan kembali beli benang,” katanya.

Lebih jauh, Satika dihadapan penghuni Rutan menyatakan, mereka akan dilatih dengan menggunakan bahan pewarna alam yang ramah lingkungan.

“Ulos pewarna alam saat ini sangat diminati dan jadi trend, barangnya cepat laku. Silahkan belajar baik itu bagaimana mewarnai benang serta membuat motif Ulos yang sedang diminati pasar,” tambahnya.

Kepala Rutan Tarutung, Henry Alpa Edison Damanik dalam kesempatan itu, sangat mengapresiasi perhatian Ketua Dekranasda Taput.

“Sebenarnya ini tugas kami membina penghuni Rutan, namun kita senang Ibu mau membantu meringankan tugas kami,” katanya.

Henry meminta para penghuni Rutan yang mengikuti pelatihan memanfaatkannya, sehingga bila selesai menjalankan masa tahanan bisa melanjutkan hidupnya.

“Jangan sia-siakan peluang ini, manfaatkan sehingga ketika keluar sudah punya keahlian untuk memenuhi kebutuhan hidup,” katanya.

Terpidana Kerusuhan Pilkada Leo Napitupulu sangat terharu

Leo Napitupulu sangat terharu atas perhatian Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Nikson Nababan boru Simamora. Ucapan terpidana lima tahun lebih penjara atas tindak pidana pemilu pengerusakan dan pencurian surat suara pada Pilkada lalu, secara tulus diakuinya bahwa hanya Ketua PKK itu yang peduli.

“Tidak mampu Saya ungkapkan perasaan terharu Saya, sudah dua kali Ibu itu turun melihat dan menyambangi ke penjara,” kata Leo Rabu (25/9/2019).

Leo yang termasuk ikut pelatihan penenun mengakui, selama menjalani hukuman tidak ada sama sekali dikunjungi orang-orang yang dulunya membujuk dirinya merusak, serta mencuri surat suara hanya pihak keluarga yang berkunjung.

“Saya salah selama ini, bahkan orang yang Saya bela dan perjuangkan dulu tidak peduli ketika Saya masuk penjara. Justru sebaliknya orang yang Saya sakiti dalam Pilkada mengasihi dengan sepenuh hati,” sesalnya.

Lebih jauh, Leo menyampaikan, terima kasih kepada Satika Simamora dan mendoakan tetap memberikan semangat kepada Bupati Nikson membangun Taput.

“Terima kasih Ibu, Saya tidak lupa akan kebaikan Ibu selama ini baik ke penghuni Lapas maupun ke terpidana kasus Pilkada Taput,” kata Leo yang diakui Karutan aktif melatih paduan suara di Rutan.

Sementara itu, Satika Simamora dalam kesempatan itu mengatakan, siapapun dan apapun kesalahannya selaku manusia kita harus mengampuni.

“Warga binaan Lapas perlu kita berikan perhatian maupun pelatihan yakni bertenun bagi yang berminat. Sehingga ketika keluar mereka punya modal yakni keahlian,” katanya.

Terkait hukuman yang dijalani Leo Napitupulu, Satika mengatakan Dia sudah menjalani hukumannya. “Intinya ketika Dia sudah insyaf serta menyadari siapa yang peduli kepadanya itulah yang penting. Kalau yang dilakukannya dulu kita sudah maafkan sejak awal,” katanya.

Tampak juga hadir dalam pembukaan pelatihan penenun pemula bagi penghuni Rutan Tarutung Kadis Koperasi UKM Ir Marco Panggabean, Kadis Pemdes Doni Simamora SE serta Kadis Koperindag Drs Gibson Siregar. (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s