Kegiatan OPD Harus Fokus, Jangan Melantur dari Visi-Misi

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan MSi menekankan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyamakan pandangan dan visi dalam pelaksanaan pembangunan terarah, serta mampu menyiapkan langkah-langkah untuk mewujudkan visi-misi pada periode kedua kepemimpinannya.

Hal itu ia sampaikan pada saat membuka Forum Group Diskusi (FGD) kedua dengan agenda Penetapan Target Kinerja Daerah dan OPD pada Rancangan RPJM bertempat di Balai Data Kantor Bupati di Tarutung, Rabu (11/9/2019). Hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH dan Pj Sekda Drs Parsaoran Hutagalung serta para pimpinan dan pejabat eselon OPD.

“Penyusunan rencana lima tahun ke depan jangan hanya bersifat operasional saja. Harus mengambil langkah-langkah dalam mendukung visi dan misi. Kegiatan OPD harus fokus, jangan melantur dari Visi dan Misi Kabupaten. Goal kegiatan harus jelas dengan kajian yang benar,” tegas Nikson.

Di sektor pariwisata yang menjadi salah satu visi dan misi, dan sekaligus juga untuk mendukung program pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai Bali kedua, Nikson berpandangan, bahwa pendirian universitas negeri di Tapanuli merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kunjungan wisata domestik ke Danau Toba.

Selain itu juga, sambung Nikson, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Dalam sektor pendidikan, ia juga menekankan pembangunan infrastruktur ketersediaan guru PNS pada setiap sekolah terutama di desa terpencil, sekaligus menyiapkan tersedianya sarana infrastruktur jalan agar mudah dijangkau para guru.

Diakuinya, pemerintah desa juga agar bersinergi dengan kabupaten dalam mewujudkan Visi dan Misi. “Selesai dari pertemuan ini, saya menunggu penyampaian target tiap OPD. Masing-masing OPD harus mampu mencapai sasaran,” kata Nikson mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Bappeda Indra Simaremare dalam kesempatan itu mengatakan, forum grup diskusi diikuti para staf ahli bupati, para asisten, pimpinan OPD dan Perusda serta tim pendamping. Kegiatan FGD itu merupakan kali kedua dari tiga kali yang direncanakan.

Disebutkannya, pada acara FGD itu juga dilaksanakan pemaparan Indikator kinerja sesuai visi dan misi dan selanjutnya diskusi penetuan target kinerja OPD. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s