Percepat Danau Toba Sebagai Bali Kedua, Bupati Taput Sampaikan Dua Usulan Kepada Jokowi

Siborongborong – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi menilai, realisasi peningkatan Institut Agama Kristen Protestan Negeri Tarutung menjadi sebuah Universitas Negeri, serta pembangunan jalan tol yang menghubungkan Danau Toba-Laut Sibolga akan mempercepat mewujudkan program pemerintahan Presiden Jokowi yang ingin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau terbesar di indonesia tersebut.

Hal itu disampaikan Drs Nikson Nababan MSi kepada wartawan dalam acara temu pers yang dilaksanakan di Hotel Esther Silangit Siborongborong, Rabu (31/7/2019). Temu pers dilaksanakan dalam rangka hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke kawasan Danau Toba termasuk Tapanuli Utara.

“Saya sampaikan kepada bapak Presiden Jokowi saat rapat di Hotel Esther, selain program pembenahan nfrastruktur, pendirian Universitas Negeri di Taput dan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Danau Toba ke Laut Sibolga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba,” katanya.

Dijelaskan Nikson, dengan realisasinya peningkatan IAKN Tarutung menjadi Universitas Negeri, maka ribuan mahasiswa yang berasal dari kawasan Tapanuli Raya sekitarnya, yang berkuliah di Universitas Negeri tersebut akan menjadi wisatawan domestik ke Danau Toba.

“Kita mulai dulu meningkatkan Wisatawan Domestik. salah satunya dari sektor pendidikan. Saya yakin, ribuan mahasiswa yang nantinya kuliah di Universitas Negeri, diluar jam kuliah, pasti akan berkunjung ke Danau Toba. Sama seperti di Jogja dan kota lainnya. Lokasi wisata mereka ramai dikunjungi para mahasiswa. Ketika saya sampaikan ini, pak Presiden tersenyum. Semoga itu pertanda baik bagi kita,” terangnya.

Selain berdirinya Universitas Negeri, pembangunan jalan tol penghubung Danau Toba ke Laut Sibolga, juga dianggapnya sebagai salah satu upaya untuk mempercepat meningkatkan jumlah wisatawan sehingga program pemerintahan Jokowi yang ingin menjadikan Danau Toba sebagai Bali kedua dapat diwujudkan.

“Para turis mancanegara, tentunya akan punya banyak pilihan ketika wisata ke Danau Toba. Mereka juga dengan mudah dapat mengakses keindahan pulau-pulau di laut Sibolga dan bisa dengan cepat berselancar di Nias yang katanya ombaknya paling bagus untuk olahraga tersebut,” ungkapnya.

Nikson mengatakan, usulan pembangunan jalan tol itu, sempat direspon Jokowi dan Menteri PU dan PERA Basuki Hadimulyono.

“Pak Menteri mengatakan cocoknya jalan tol penghubung Danau Toba-Laut Sibolga itu dibuka dari Muara. Alasannya wisatawan Danau Toba dapat dengan segera mengakses jalan tol penghubung ke laut Sibolga tersebut,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nikson Nababan yang didampingi sejumlah pejabat Pemkab Taput itu juga menyampaikan program pembangunan yang akan dilakukan di kawasan Danau Toba hasil kunjungan kerja Presiden Jokowi.

“Saya harapkan, dua usulan terkait peningkatan IAKN Tarutung menjadi Universitas Negeri serta pembangunan jalan tol dapat direalisasikan. Karena kita berharap, Program Presiden Jokowi menjadikan Danau Toba sebagai Bali Kedua harus berhasil,” katanya.

Usai melaksanakan temu pers, Bupati Taput Nikson Nababan dan rombongan langsung menuju Bandara Silangit untuk mengantar Presiden Jokowi bertolak ke Jakarta setelah menyelesaikan kunkernya di Kawasan Danau Toba, sekitar pukul 17.00 Wib. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s