Pemkab Taput Rapat Persiapan Kunker Presiden Jokowi

Para Bupati kawasan Danau Toba rapat persiapan menyambut kunker Presiden Jokowi

Tarutung – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melakukan rapat persiapan dalam rangka menyambut Presiden Joko Widodo yang direncanakan melakukan kunjungan kerja (Kunker) selama tiga hari di wilayah Tapanuli Raya yang dimulai pada Senin (29/7/2019).

Hal itu terlihat dalam rapat yang dipimpin Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi di rumah dinasnya, Sabtu (27/7/2019) malam. Hadir pada rapat tersebut para pimpinan OPD Pemkab Taput, tokoh agama dan tokoh adat.

“Hari kedua kunker bapak Presiden, kita bersiap menunggu di Tarutung. Semua jalan mulai dari Silangit, harus dijaga kebersihan,” kata Nikson.

Nikson mengatakan, jika Presiden Jokowi menyempatkan kunjungan ke Tarutung, maka kawasan sungai Sigeaon dan kawasan Salib Kasih akan menjadi lokasi yang dipesiapkan untuk ditinjau Presiden Jokowi.

“Kalau jadi, kita minta kepada bapak Presiden agar Sungai Sigeaon yang membelah kota Tarutung ini dapat ditata dengan anggaran dari pusat. Karena kalau dikelola secara maksimal, pasti akan menarik wisatawan,” katanya.

Nikson juga mengatakan, salah satu permohonan yang paling prioritas kepada Presiden Jokowi adalah terealisasinya peningkatan status Institut Agama Kristen Negeri Tarutung menjadi Universitas Negeri.

“Kenapa harus IAKN yang ditingkatkan menjadi universitas negeri, karena ada penghentian sementara pendirian universitas negeri,” katanya.

Nikson menjelaskan, berdirinya universitas negeri di Taput akan berefek domino peningkatan perekonomian bagi warga masyarakat kawasan Tapanuli. Bukan hanya akan meningkatkan ekonomi usaha kecil menegah, tapi juga berdampak terhadap sektor pariwisata Danau Toba secara khusus.

“Selain itu, beban para orangtua yang selama ini menguliahkan anaknya ke ibukota provinsi dan pulau lain akan berkurang. Selama ini kan, para orangtua kita begitu gajian langsung transfer untuk biaya anak kuliah di luar daerah,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Taput Ir Poltak Pakpahan mengatakan, kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo di kawasan Tapanuli diharapkan akan membawa berkah dalam mempercepat pembangunan di kawasan Tapanuli khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara.

“Semoga dengan kedatangan kembali bapak Presiden Jokowi akan membawa berkah percepatan pembangunan di kawasan Tapanuli khususnya di Taput. Karena seperti yang kita ketahui, pak Jokowi akan melakukan kunker ke kawasan Tapanuli pada pekan depan dan direncanakan kunker di Taput pada Selasa,” kata Poltak.

Poltak menjelaskan, hal yang paling diharapkan atas kehadiran Presiden Jokowi tersebut adalah terealisasinya pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara.

“Karena pada saat kehadiran pak Jokowi di Siborongborong pada Maret lalu, kita sudah menyampaikan permohonan prioritas Taput adalah Universitas Negeri. Hal itu akan diingatkan lagi. Apalagi target kemenangan Jokowi di Taput dapat kita capai sebesar 94,2 persen yang meningkat dibandingkan Pilpres 2014 yang sekitar 93,27 persen,” ucapnya.

Dalam hal pengembangan pariwisata Danau Toba, Poltak mengharapkan, infrastruktur yang tidak layak di kawasan Danau Toba dapat segera diperbaiki. “Jalan nasional dan provinsi yang sudah rusak, agar dapat segera diperbaiki. Karena infrastuktur jalan sangat penting dalam pengembangan pariwisata,” terangnya.

Untuk diketahui, informasi yang dihimpun wartawan, Presiden Jokowi akan mendarat di Bandara Silangit Internasional di Desa Pariksabungan, Siborongborong pada Senin, 29 Juli. untuk kemudian memulai kunkernya ke Kabupaten Humbang Hasundutan, Samosir dan Taput selama tiga hari berturut-turut hingga 31 juli mendatang. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s