Agustus, akan Terima Pencairan Dana Desa Tahap I

Tarutung – Seluruh desa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) diperkirakan telah menerima pencairan dana desa tahap pertama pada bulan Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Taput, Donny Simamora mengatakan hal tersebut kepada wartawan Kamis (25/7/2019) saat dikonfirmasi terkait serapan Dana Desa tahun anggaran 2019. “Kemungkinan Agustus mendatang, seluruh desa sudah menyerap dana desanya untuk tahap pertama,” katanya.

Saat ini, kata Donny, sudah ada 14 desa yang telah menerima pencairan dana desa tahap pertama. Adapun dua desa lainnya telah menerima tahap II. “Minggu depan diperkirakan penyerapan akan banyak. Karena 220 desa sudah selesai APBDesnya dan tinggal menunggu pencairan,” terangnya.

Donny menjelaskan, pencairan dana desa dilakukan dalam tiga tahap. Dengan pembagian dua persen pada tahap pertama dan masing masing empat puluh persen untuk tahap kedua dan ketiga. “Pencairan dana desa tahun ini sudah agak lebih cepat sedikit dibanding tahun lalu,” katanya.

Diketahui, anggaran untuk 241 Desa dan 11 Kelurahan yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara pada tahun anggaran 2019 ini tercatat sekitar Rp 260.321.556.700.

Sesuai Data yang diterima wartawan dari Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kaupaaten Tapanuli Utara menyebutkan, 241 desa yang ada di Taput menerima dana desa yang jumlahnya bervariasi dari pemerintah pusat pada tahun 2019 dengan total Rp 184.186.164.000.

Selain itu, masing-masing desa juga mendapat kucuran dana dari Pemerintah Kabupaten Taput dalam bentuk Alokasi Dana Desa  totalnya sebesar Rp 68.213.884.700.

Sedangkan 11 kelurahan yang ada di Taput mendapat dana kelurahan sebesar Rp 7.921.518.000. Dana kelurahan akan dipergunakan pada Triwulan III atau pada bulan Juli hingga September mendatang. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s