4 Puskesmas Buka Pelayanan Poliklinik Jiwa Gratis

Tarutung – Terobosan baru dibidang program Kesehatan Jiwa kembali digulirkan Dinas Kesehatan Tapanuli Utara, setelah sebelumnya Rumah Sehat Jiwa yang dipusatkan di Pangaribuan bertujuan menangani pasien sakit jiwa.

Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan, Dinkes menunjuk empat puskesmas buka pelayanan Poliklinik Jiwa. “Ya, kita buat terobosan baru yakni empat puskesmas ditunjuk center membuka pelayanan poliklinik jiwa,” ujar Kadis Kesehatan melalui Kabid P2P PL Risma Panjaitan, Kamis (25/7/2019).

Empat puskesmas tersebut, yakni Siborong Borong, Siatas Barita, Sarulla dan Pangaribuan dan poliklinik jiwa tersebut masih Taput yang lakukan di seputar Tapanuli Raya.

“Pasien yang berobat ataupun ditangani dokter spesialis kejiwaan secara gratis. Makanya kita buka di puskesmas agar bisa gratis pelayanan,” ujarnya.

Pasien akan ditangani dokter Elisabeth Situmeang sesuai jadwal nantinya bergilir di empat puskesmas tersebut.

“Makanya kita buat titik empat puskesmas sehingga puskesmas terdekat dengan titik poliklinik yang ditunjuk membawa pasiennya rawat jalan disana. Dan kalau butuh rawat inap nantinya dikirim ke Pangaribuan,” tambahnya.

Dia berharap, melalui perkuatan program Keswa melalui Poliklinik Jiwa akan memperkuat target Bupati Nikson Nababan Taput Bebas Pasung. “Mudah-mudahan program ini dapat bermanfaat bagi warga kita yang mengalami penyakit kejiwaan,” tukasnya.

Dari informasi yang diperoleh jadwal keberadaan dokter spesialis jiwa di puskesmas, yaitu Siatas Barita (Siatas Barita, Hutabaginda, Parsingkaman, Situmeang Habinsaran dan Sitadatada) Senin (Minggu III).

Puskesmas Sarulla dengan wilayah Sarulla, Onan Hasang, Janji Angkola dan Simangumban pada Selasa (Minggu II).

Puskesmas Siborong Borong dengan wilayah Siborong Borong, Silangit, Muara, Butar, Sipultak, Aek Raja dan Parmonangan pada Senin (Minggu I).

Serta zona Puskesmas Pangaribuan dengan wilayah Pangaribuan, Sipahutar, Lumban Sinaga dan Garoga pada Selasa (Minggu IV). (als)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s