Dinkes Taput Anggarkan Rp 2,6 M untuk RTK

Tarutung – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tahun 2019 mengu­curkan dana sebesar Rp2,6 miliar lebih untuk program Rumah Tunggu Kelahiran (RTK). “Tahun ini dana untuk program RTK 2019 sebesar Rp 2,6 miliar,” ujar Kadiskes Taput Alexander Gultom kepada wartawan, Kamis (27/6).

Dia menjelaskan, anggaran tersebut diperuntukkan untuk dana makanan dan minuman RTK sebesar Rp 16,5 juta, sewa rental Rp 74 juta, sewa RTK Rp84 juta, transportasi Rp 115,4 juta, SPPD petugas kesehatan Rp 175 juta. “Kemudian jasa persalinan di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum (RSU) sebesar Rp2,2 miliar,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dana tersebut diperun­tukkan untuk program RTK di Pusat Kese­hatan Masyarakat (Puskesmas) di 5 keca­matan. “Lima Puskesmas yang memiliki RTK yakni, Puskesmas Janji Angkola Purbatua, Puskesmas Pangaribuan, Muara, Aek Raja Parmonangan dan Puskesmas Onan Hasang Pahae Julu,” katanya.

Dia menambahkan, dalam penerapan peserta RTK akan diberi fasilitas makan 3 kali sehari yang terdiri dari pasien (ibu hamil), suami dan pendamping. “Selain itu transport pasien, suami dan pendamping juga ditanggung Rp 20.000 per jarak 10 kilometer,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengapa hanya lima puskesmas yang memiliki program RTK, Alexander mengatakan, hal ini karena, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, ternyata tahun 2018 ada beberapa RTK yang tidak berfungsi secara maksimal.

“Hal ini terjadi karena umumnya ibu-ibu yang akan bersalin enggan menginap di RTK dengan alasan tidak ada yang menjaga anak mereka di rumah. Kemudian mereka datang sudah pada fase akhir untuk ber­salin,” tandasnya. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s