Dr Anthon Sihombing Melapor ke Bawaslu Asahan

Kisaran  – Dr Capt Anthon Sihombing SE,MM  caleg DPR RI Partai Golkar daerah pemilihan (dapil) Sumut III mendatangi kantor Bawaslu Asahan, guna melaporkan dugaan terjadinya penggembosan dan pengalihan suaranya di Pemilu serentak 2019 di wilayah Kabupaten Asahan.

Hal ini diungkapkan Anthon Sihombing dalam konferensi pers (konfers) dengan sejumlah wartawan di lobi Hotel Nusa Indah Kisaran, Senin (6/5). “Dengan mengumpulkan bukti-bukti, kita telah melaporkan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif (TSM) mengalihkan perolehan suara saya yang diduga dilakukan rekan 1 partai saya ke Bawaslu Asahan,” ujarnya.

Lanjutnya, kenapa disebut kecurangan TSM di partai ?, karena di tiap TPS suara anggota Komisi V DPR RI itu hilang 3 atau 4 suara dan ketika ditotal jumlahnya kurang lebih 300  –  400 suara per kecamatan. “Mirisnya, suara saya di Kecamatan Kisaran Barat bisa tidak ada. Ini tentu hal yang tidak bisa diterima akal, sebab family saya banyak berdomisili di situ belum lagi keluarga dari marga (Sihombing, red),” jelas Anthon.

Ditegaskan pria yang juga terkenal sebagai promotor tinju itu, berdasarkan data dari C1 dan DA1 dari Tim nya, diketahui perolehan suaranya menguap kemudian dialihkan ke caleg lain di Kabupaten Asahan jumlahnya kurang lebih 5 ribu sampai 6 ribu.

“Ini cara berpolitik kotor dilakukan rekan 1 partai saya sebut saja si A, yang mungkin menganggap dirinya punya power. Melalui jabatan, disinyalir menginstruksikan cara berpolitik kotor untuk menggapai keinginannya. Saya katakan, tidak ada celah saya dikalahkan oleh si A itu,” tegas Anthon.

Diterangkan Anthon, dia akan mengusut dan mengungkap tuntas kasus kecurangan TSM tersebut tidak hanya melaporkan ke Bawaslu Asahan, tetapi juga melaporkan DKPP dan kecurangan TSM yang sudah kategori pidana ke hukum.

“Tiga periode saya duduk sebagai anggota DPR RI, belum pernah kita berpolitik kotor seperti ini. Saya akan usut tuntas permasalahan tersebut dan membawa ke hukum orang yang terlibat di dalamnya supaya ada efek jera. Terkait masalah ini, saya juga telah melaporkan ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto,” tukasnya.

Anthon kembali menekankan bahwa dirinya merasa dicurangi oleh rekan 1 partainya itu di dapil yang sama. Dia mencontohkan, berdasarkan data dari timnya ada dugaan kecurangan yaitu suara untuknya diailihkan ke A. Di Kecamatan Kisaran Timur, suara A berdasarkan DA1 mencapai 2.478, sedangkan berdasarkan C1 hanya 2.081 suara, dan banyak wilayah lain yang kejadiannya sama.

“Perbuatan ini harus dilawan dan dibawa ke hukum supaya diusut tuntas. Siapa pun yang duduk berdasarkan perolehan real suaranya, haruslah didukung. Tetapi bila untuk memenuhi ambsinya menggunakan cara-cara kotor, kita akan lawan dan hancurkan siapa pun dia,” tegas Anthon lagi.

Terkait ini, Ketua Bawaslu Asahan Khomaidi Hambali Siambaton yang dikonfirmasi SIB melalui telepon seluler, Senin (6/5) membenarkan adanya tim Anthon Sihombing membuat laporan atas dugaan pengalihan suara. Menindaklanjuti laporan, pihaknya kini masih melakukan proses terhadap laporan itu.

“Kita masih melakukan pemeriksaan terkait laporan tersebut,” kata Hambali.

Tepisah, Sekertaris DPD Golkar Asahan Efi Irwansyah Pane saat dikonfirmasi SIB, Selasa (7/5) melalui telepon seluler terkait masalah disebutkan di atas mengatakan belum bisa memberi kesimpulan. Dirinya beralasan belum melihat pernyataan dari Anthon Sihombing, sehingga tidak mengetahui apabila ada terjadi kecurangan pengalihan suarannya yang dilakukan secara TSM.

Namun, Efi memastikan pada saat rekapitulasi penghitungan suara oleh KPUD Asahan di Aula Hotel Sabty Garden Kisaran, dirinya menjadi saksi dan penghitungan suara untuk DPR RI tidak ada masalah. “Saya tak membilang tak ada kecurangan, tetapi sebagai saksi di penghitungan rekapitulasi KPUD Asahan untuk suara DPR RI tidak ada masalah, sehingga bisa dilakukan penetapan,” jawab Efi.

Sementara itu, menurut hasil penghitungan rekapitulasi KPUD Asahan untuk DPR RI Dapil Sumut III, Anthon Siombing tercatat mendapat 9.384suara, sedangkan suara tertinggi dipegang Ahmad Doli Kurnia Tanjung dengan 23.183 suara.(SIB/A02/c)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s