Perayaan Paskah Oikumene Asahan Berlangsung Khidmat

Kisaran – Perayaan Paskah Oikumene Ka­bu­pa­ten Asahan Tahun 2019 yang me­ngam­bil dengan tema ‘Kebangkitan Kris­tus Memampukan Kita Berdiri Te­guh dan Terus Melayani Semua’ (1 Ko­rintus 15 : 57-59) serta sub tema ‘Pe­rayaan Paskah Semakin Menguatkan Ko­mitmen Umat Kristiani untuk Me­nin­g­katkan Pelayanan Kasih di tengah-te­ngah Masyarakat Kabupaten Asahan yang Reiligius’ berlangsung khidmat dan penuh suka cita di GOR Rambate Rata Raya Kisaran, Jumat (3/5).

Ketua Panitia Perayaan Paskah Oi­kumene Kabupaten Asahan Birma­was­lin Panjaitan SPd menyampaikan, panitia sebelum acara puncak telah me­lak­sanakan kegiatan gotong royong mas­sal di Pasar VI Desa Rawang Panca Arga Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan.

Pada kegiatan tersebut, panitia juga mem­berikan bantuan racun tikus ke­pada warga dan mendapat respon po­sitif dari warga serta pemerintah se­tem­pat. Selain itu, lanjutnya, panitia telah melaksanakan donor darah dari peserta para jemaat gereja di Kota Kisaran di kantor Bandan Musawarah Antar Gereja (BAMAG) Asahan dan bekerja­sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang (RSUD HAMS) Kisaran.

Kemudian, acara puncak yakni Pe­rayaan Paskah Oikumene Asahan dan sedang dilaksanakan hari ini. “Dana ke­giatan ini bersumber dari APBD Asa­han dan bantuan yang tidak mengi­kat dari donatur lainnya. Kita berharap ban­tuan dari Pemkab Asahan bisa di­ting­katkan demi terwujudnya visi dan misi yakni terwujudnya ma­sya­rakat re­ligi­us bagi umat Kristia­ni,” ujar Birma­waslin.

Ketua BAMAG Asahan Pdt Yatus Groho pada pidatonya pertama kali me­ngu­capkan selamat merayakan Paskah. Pas­kah merupakan pesta imam bagi umat Kristiani, maka karena itu BA­MAG menganggendakan perayaan Pas­kah setiap tahunnya. Pada kesem­patan ini, dirinya mengapresiasi kepada semua pihak terkait yang mendukung dari mulai perencanaan hingga terlak­sa­nanya perayaan Paskah Oikumene Asa­han Tahun 2019.

Tak lupa

Tak lupa, Pdt Yatus mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kris­tia­ni yang telah mengikuti Pemilu Se­ren­tak 2019 baru-baru ini. Dia meng­im­bau kepada para jemaat untuk ber­sa­bar menunggu hasil keputusan dari pihak berkompeten menyangkut Pemi­lu Serentak 2019.

“Mari sama-sama kita ikut menjaga suasana kondusifitas keamanan di Kabupaten Asahan yang kita cintai ini,” ujar Pdt Yatus Groho.

Plt Bupati Asahan H Surya BSc da­lam kata sambutannya yang dibaca­kan Kadispora M Andry Simatupang me­nga­jak umat Kristiani untuk memaknai hari Paskah dengan mengintropeksi diri masing-masing. Melalui peristiwa Pas­kah, sebutnya, umat manusia yang telah jatuh ke dalam dosa kembali kepada kasih dan penebusan.

“Hal ini berarti menuntut umat Kris­tia­ni untuk memiliki pola pikir, sikap dan perbuatan selaras, rela berkorban atau menjadi berkat bagi sesama. Bagi umat Kristiani, peristiwa Paskah me­miliki makna yang sangat sentral dan fundamental. Kebangkitan Kristus men­jadi pilar utama dimana di atasnya di­bangun dan didirikan kontruksi ke-Kris­tenan,” ucapnya.

Sebelumnya, masyarakat umat Kristiani mengikuti jalan perarakan salib dari GBKP ke GOR Rambate Rate Raya Kisaran. Selanjutnya dilak­sa­nakan prosesi para pelayan, pendeta, pas­tor dan panitia memasuki ruangan ibadah dengan membentuk dua barisan.

Turut mengisi dan melantunkan kidung pujian Harlen Tobing dari Okuli Voice, paduan suara anak HKBP Ki­saran Kota, paduan suara SMA Methodist dan Koor Gita Immanuel Choir. Sedangkan hamba Tuhan yang me­nyam­paikan khotbah adalah Pdt Anton Pasaribu STh Ketua Sinode GPMI.

Hadir dalam perayaan Paskah Oiku­mene Asahan Ev J Ganda Sormin, Ke­tua LPPD Asahan TR Nainggolan SH MAP, Bendahara BAMAG Asahan Pdt Markus Sianipar, dr Reonal Hutapea, me­wakili Kapolres Asahan, mewakili Dandim 0208/AS, tokoh masyarakat Kristiani dan undangan lainnya. (ari)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s