Anthon Sihombing : Ada Indikasi Pengalihan Suara

Binjai – Calon Anggota DPR RI masa bakti 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Sumatera Uta­ra III, yang diusung Partai Golongan Kar­ya (Golkar), Dr Capt Anthon Sihombing SE MM MSc ada indikasi pengalihan suara. Akibat per­soalan itu, ang­gota Komisi V DPR RI itu me­­ngaku perolehan suara per­orangan milik­nya hasil pelak­sanaan taha­pan pemungutan suara Pemilu 2019 me­nyusut drastis, jika dibandingkan hasil Pe­milu 2014 lalu, seka­ligus menghambat lang­kah­nya merebut kem­bali kursi le­gislatif.

“Saya kecewa. Sebab, saya merasa di­curangi oknum pim­pinan partai politik saya sen­diri,” ungkapnya kepada war­tawan, usai ber­konsultasi de­ngan Ketua Badan Penga­was Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bin­jai, Ari Nurwanto, di kantornya, Kamis (2/5) siang. Anthon mengatakan, indi­kasi penga­lihan suara umum­nya terjadi saat tahapan peng­hitungan suara di tingkat TPS. Bahkan menurutnya, kecu­rangan itu dilakukan secara sistematis pada sebagian besar TPS di ka­bupaten/kota yang masuk dalam Daerah Pemili­han Sumatera Utara III.

Contohnya, di Kota Binjai. Anthon men­catat, dia hanya meraih 1.400 suara. Pad­a­h­al, sesuai penghitungan yang dilakukan tim­nya, Anthon mampu meraih lebih dari 3.000 suara. Namun jumlah itu justru anjlok hingga lebih dari setengahnya, saat peng­hitungan KPPS.

“Dalam persoalan ini, saya punya data-data yang akurat. Sebab, ada banyak temuan formulir C1 yang bermasalah, data pero­le­han suara saya jus­tru menyusut. Bahkan ma­sa­lah ini tidak hanya terjadi di Kota Bin­jai, tetapi juga di ka­bupaten/kota lain yang masuk dalam Dapil Sumut III,” tegasnya.

Dia menambahkan, di Kota Tanjung­balai bagaimana mungkin seseorang yang tidak pernah ke daerah itu tetapi suaranya itu hampir 80 persen perolehan suara partai saya dengan jumlah 10.500 suara. Semen­tara saya hanya memperoleh 1.400 suara dan sudah 20 kali saya ke Tanjungbalai dan beberapa kali mengumpulkan masyarakat, de­mikian juga persoalan lain di Binjai, Batubara dan Asahan serta lainnya.

“Dengan demikian saya meminta agar peyelenggara membuka plano sehingga kita sebagai caleg tidak terasa tercurangi apa lagi saat sekarang ini eranya transparan de­mi membangun demokrasi di republik ini yang lebih baik,” ujarnya.

Dugaan kecurangan

Terkait permasalahan itu, Anthon ber­harap Bawaslu serius menindaklanjuti lapo­ran dugaan kecurangan itu. Bila misalnya ya laporan itu tetap tidak ditindaklanjuti, dia siap melanjutkan permasa­lahan itu ke jalur hukum, sesuai mekanisme dalam internal Partai Golkar.

Apalagi menurut Anthon, selama ini dia tidak pernah di­libatkan terkait pertimba­ngan dan penetapan saksi yang ditempatkan di TPS, serta sa­ma sekali tidak pernah diun­dang dalam sejumlah kegiatan DPD Partai Golkar Sumatera Utara menjelang tahapan pe­mungutan suara Pemilu 2019.

“Saya sudah 70 tahun. Dapat dikatakan sudah matang secara pengalaman. Karena itu, saya hanya ingin seluruh proses berjalan apa adanya, dan berupaya mencegah peng­orbanan kader satu partai un­tuk memenuhi ambisi pimpi­nan partai itu sendiri,” kata­nya.

Ketua Bawaslu Kota Bin­jai, Ari Nur­wan­to menyebut, kedatangan Dr Capt An­thon Sihombing ke kantornya tidak lain untuk sekadar klarifikasi dan memper­ta­nyakan tindak­lanjut atas laporan dugaan ke­curangan pemilu di Kota Binjai, yang diajukan timnya pada 29 April 2019 lalu.

“Kedatangannya hanya se­kadar berkon­sul­tasi. Sejauh mana proses laporan yang di­ajukannya kemarin. Lalu saya katakan, akan kita periksa dan teliti dulu. Sebab pro­sesnya itukan memang harus me­nunggu hingga tujuh hari ke depan setelah laporan kita diterima,” tandasnya.

Meskipun demikian, Ari mengaku sem­pat dibuat bi­ngung. Sebab, Dr Capt Anthon Sihombing tidak datang se­orang diri, melainkan didam­pi­ngi puluhan orang yang me­ngaku sebagai pendukungnya. (wa/kah)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s