Sistem Pemilu Serentak Perlu Dievaluasi

Kualanamu – Sistem Pemilihan Umum (Pemilu) se­ren­tak 2019. Pilpres, Pileg dan lainnya per­lu di­eva­luasi ke depan. Pasalnya, banyak per­soalan yang ditimbulkan, termasuk du­ga­an kecurangan bah­kan menimbulkan kor­ban meninggal dunia di pihak peyelenggara didu­ga akibat kelelahan dan tekanan psi­kologis.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Dr Capt. Anthon Sihom­bing Nababan SE,MM,MSc di Ban­dara Kuala­na­mu saat bertolak ke Ja­karta, Senin (29/4) sore. “Sudah ke­ting­galan kita kalau cara seperti ini terus dilakukan, coba bayangkan pekerjanya itu hampir tujuh juta orang. Kemudian sistem pemilihan seperti ini hanya terdapat di Bangladesh,” katanya.

Maka ke depan dia berharap memakai sis­tem elektronik, sistem yang lebih cang­gih saat sekarang ini. Sehingga tidak ada lagi saling mencurigai. “Bayangkan mengi­rim uang saja kita percaya lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), masak suara kita kirim via elektronik atau ATM kita tidak per­caya,” terangnya.

Maka sistem yang di­gunakan saat se­ka­rang me­milih sistem coblos de­­ngan meng­gunakan pa­ku itu sama dengan me­­nurunkan martabat bang­sa. Masak sudah mer­deka sekian puluh ta­hun masih meng­gu­nakan pa­ku me­la­ku­kan pemilihan umum. Maka tidak heran maling-ma­ling suara disetiap pe­milu banyak dengan sis­tem ini karena kurang terjaga kemanannya.

“Untuk itu ke depan perlu kita kaji kem­bali ke arah yang lebih baik se­hingga tidak habis uang negara dan me­merlukan banyak te­naga melaksnakan pe­milu serentak ini serta tidak menim­bulkan korban,” katanya.

Disingung perolehan suaranya pada Pileg 2019 sejauh ini menurutnya ia masih optimis terpilih kembali ke Senayan dari Partai Golkar Dapil Sumut III. Pasalnya, dari dulu ia sudah dipercaya rakyat buktinya ia sudah tiga periode menjabat. “Di bebe­rapa Kabupaten/Kota Dapil Su­mut III pe­rolehan suara sementara saya masih ter­tinggi dibanding yang lain bahkan sa­ngat signifikan termasuk di Siantar, Dairi, Pak­pak Barat serta lainnya,” pungkasnya. (kah/Analisa)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s