Alumni SMAN 2 Lintong Nihuta Dirikan Yayasan Turiang Gabe Boni

HUMBAHAS – Alumni SMAN 2 Lintong Nihuta, bersama tokoh masyarakat serta sejumlah tokoh pemerhati dan peduli dengan pendidikan dirikan yayasan Turiang Gabe Boni (TGB). Nomenklatur (Penamaan, red) Turiang gabe boni (TGB) sendiri memiliki arti harafiah, padi usai di panen yang kembali bertunas dan menghasilkan bulir yang nantinya dijadikan benih unggul. Sama seperti pengertiannya, yayasan TGB diharapkan menjadi partner SMAN 2 membantu pengembangan, baik melalui ide maupun pendanaan bagi sekolah berpredikat unggulan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

SMAN 2 Lintongnihuta yang dibangun Tahun 2009 dan menerima siswa angkatan pertamanya Tahun 2012. Diprakarsai oleh mantan Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi serta mendapat dukungan penuh dari mantan Gubsu diera itu, Syamsul Arifin Silaban dan bersikukuh menjadikan sekolah tadi menjadi sekolah unggulan yang kompetalbe di Sumut hingga kancah nasional. Bahkan, pendanaan pembangunan sekolah yang bersumber dari APBD Humbahas serta APBD Provsu untuk pengembangan SMAN 2 LH mendapat dukungan penuh dari legislatif.

Edison Silaban yang akrab di panggil Op Rado, tokoh dan pemerhati pendidikan yang juga bahagian pendiri yayasan TGB, Rabu (13/3), mengatakan pasca diberlakukannya UU No 23 Tahun 2014 tentang otonomi daerah, pengelolaan SMA sederajat menjadi kewenangan Provsu, inilah awal mula dan satu alasan berdirinya Yayasan TGB.

Raihan prestasi dengan usia sekolah yang sangat belia, alumni SMAN 2 sudah tersebar pada perguruan tinggi favorit seperti ITB, UI dan universitas ternama lainnya. Serta menjadi mahasiswa beberapa Institut yang langsung dikelola beberapa kementrian dalam bentuk ikatan dinas.

“Rasa prihatin dan bentuk kepedulian serta tanggung jawab moral, akibat keterbatasan anggaran adalah menjadi alasan yang lain berdirinya Yayasan TGB,” katanya.

Dia juga menggambarkan, sudah 2 Tahun SMAN 2 LH tidak melakukan seleksi penerimaan siswa baru akibat ketiadaan anggaran.

“Jadi penerimaan siswa dilakukan seperti yang lazim tanpa seleksi. Bahkan anggaran lain yang sebelumnya di tampung pada APBD Humbahas sudah dihentikan sebagai konsekwensi terbitnya UU 23 Tahun 2014. Akibatnya, banyak program unggulan tidak tercover setelah di tarik ke Provsu. Inilah alasan pendirian yayasan TGB, ke depan bisa membantu pendanaan, demi pengembangan SMAN 2,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, dalam paparannya pada acara kunjungan kerja Gubsu Edy Rahmayadi, di Aula Hutamas kompleks perkantoran Tano Tubu, Senin (11/3), juga berharap agar Gubsu memberikan perhatian serius demi pengembangan SMAN 2 sebagai sekolah unggulan.

“Kami sangat berharap agar bapak Gubernur memberikan perhatian khusus untuk pengembangan SMAN 2 sebagai sekolah unggulan. Ini merupan asset bagi kami pak. Di samping itu, kami juga memiliki SMK pertanian sebagai andalan Humbahas meraih kedaulatan pangan,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala SMAN 2 LH, Drs Nelson Tambunan mengatakan, kehadiran Yayasan TGB sangat dibutuhkan untuk pengembangan serta mengcover kebutuhan program-program unggulan pada sekolah itu.

“Kehadiran yayasan bukan untuk mencampuri maupun mengintervensi program di sekolah ini. Hanya saja, ketika ada program yang membutuhkan anggaran, pihak sekolah akan mengusulkan pendanaan melalui proposal yang ditujukan ke yayasan. Disinilah bentuk hubungan kerja tadi. Misalnya, pada kegiatan rekrutmen siswa baru, les tambahan, ekstra kokurikuler dan kegiatan lain yang mendukung kemajuan siswa. Kita berharap yayasan berkenan menyiapkan pendanaannya untuk dilaksanakan,” pungkasnya. (sht/osi

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s