Wagub Sumut Minta Festival Danau Toba Gandeng Kegiatan Wisata Nasional

Medan   – Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meminta pagelaran Festival Danau Toba atau FDT juga menggandeng kegiatan pariwisata nasional untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Selama ini pelaksanaan FDT terkesan seremonial saja sehingga tidak mampu mendongkrak jumlah wisatawan domestik maupun luar negeri,” ujarnya di Medan, Rabu.

Dia mengatakan, beberapa tahun lalu dirinya sempat terlibat dalam kegiatan FDT dengan mengisi rally motor besar mengitari Danau Toba yang diikuti peserta dari sejumlah negara sahabat.

“Langkah seperti itu bisa terus dilakukan dan diisi dengan kegiatan lainnya,” ujar Musa Rajekshah.

Selain melibatkan atau menggandeng kegiatan wisata nasional, jadwal pelaksanaan FDT juga sudah harus ditetapkan jauh hari dan menjadi agenda tetap atau tidak berubah-ubah setiap tahunnya.

Kemudian, kegiatan FDT itu jauh hari sudah harus disosialisasikan di dalam dan ke luar negeri.

“Hal lain yang penting dilakukan adalah menyiapkan sarana lainnya seperti menjamin ketersediaan hotel dan transportasi serta areal yang memadai untuk lokasi acara,” ujarnya.

Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck juga menegaskan, FDT juga harus dilakukan dengan berbagai kegiatan menarik dengan bersinergi antara daerah satu dan lainnya khususnya yang masuk dalam kawasan Danau Toba.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba atau BPODT, Arief Prasetyo menyebutkan BPODT setuju dengan usulan Wagub Sumut Musa Rajekshah.

“Diharapkan dalam waktu dekat bisa ada rapat membahas tentang FDT dan program wisata lainnya di kawasan Danau Toba,” katanya.

Kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama harus benar -benar dimanfaatkan semua daerah di Sumut, ujarnya.
Pewarta : Evalisa Siregar

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s