Satgas Pangan Taput Sidak Pasar Tarutung

Tarutung  Satuan Tugas Pangan Tapanuli Utara menggelar inspeksi mendadak atas sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar Tarutung, Sabtu (13/10).

Tim Satgas pangan Pemkab Taput yang bekerjasama dengan institusi kepolisian dan TNI melakukan cek harga atas sejumlah kebutuhan pokok, serta menemukan sejumlah bahan pangan kedaluarsa dan tidak layak komsumsi.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok, menetralisir kestabilan harga, serta menjamin kehigienisan makanan yang dijajakan di pasar,” terang Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Taput, Fajar Gultom SE, Sabtu.

Dalam sidak kali ini, tim satgas menemukan sejumlah bahan makanan kedaluarsa, serta sejumlah makanan ringan jenis kue basah tanpa cantuman tanggal kedaluarsa.

Bahan makanan yang disimpulkan kedaluarsa adalah jenis mie dalam kemasan dengan tanggal kedaluarsa yang sudah lama berlalu.

“Bahan makanan tersebut sudah tidak boleh dijual lagi. Demikian halnya, kue basah yang ditemukan tanpa cantuman tanggal kedaluarsa tidak boleh dijual,” tegas tim satgas pangan.

Untuk menghindarkan kerugian material pedagang, ke depan, para pedagang diminta untuk tidak menerima barang-barang jualannya yang tanpa label dan tanggal kedaluarsa.

Hasil penyisiran pedagang pasar yang dilakukan tim satgas pangan menyimpulkan bila harga bahan pangan masih dalam keadaan normatif dengan tidak ditemukannya gejolak harga yang mampu memberatkan masyarakat konsumen.

“Harga bahan makanan pokok masih stabil,” ungkap Kapolres Taput, AKBP Horas Marasi Silaen, yang turut dalam kegiatan sidak dimaksud.

Tim satgas pangan Taput mengagendakan pelaksanaan sidak akan digelar secara berkala dengan obyek sasaran yakni pasar dan minimarket, yang dijadwalkan sekali dalam tiga bulan.
Pewarta : Rinto Aritonang

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s