Festival Tenun Nusantara Bangkitkan Hasil Kerajinan

Tarutung – Penyelenggaraan Festival Tenun Nusantara dengan tema ‘Ahu Partonun’ sebagai upaya untuk membangkitkan jiwa petenun akan digelar di Tapanuli Utara dengan konsentrasi pelaksanaan kegiatan di Tarutung, Muara dan Sibandang mulai dari tanggal 13-17 Oktober 2018.

Panitia penyelenggara yang terdiri atas tim Indonesiana, Dekranasda Taput, dan sejumlah komunitas, melakukan pemaparan pelaksanaan kegiatan, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung.

Yanes David Sidabutar, Ketua Tim Teknis Indonesia, mengapresiasi panggilan jiwa petenun dalam merevitalisasi ulos sebagai bagian dari budaya batak.

“Setiap petenun harus menyadari kemampuan dan keahliannya yang dapat disamakan dengan seorang ‘pande’ yang menghasilkan pekerjaan tangan yang indah, bagus, dan berkualitas,” ucapnya, Rabu (3/10).

Ditambahkannya, keahlian bertenun merupakan sebuah karunia yang dimiliki oleh setiap petenun dan menempatkannya menjadi seorang seniman.

“Melalui tema festival ini, kita ingin mengangkat jiwa petenun, menciptakan sebuah dunia dan ekosistem yang baru. Seorang petenun bukanlah sekedar mesin pembuat tenunan. Tetapi mereka adalah seniman yang kita harapkan berkelanjutan hidupnya dan karyanya,” terang Yanes.

Pagelaran FTN 2018 ini sebagai event terstandarisasi dan melibatkan komunitas sebagai upaya memajukan kebudayaan, juga diharapkan menjadi kegiatan yang mampu menggali kembali nilai-nilai seni kebudayaan agar bisa dikemas dan diangkat kepermukaan.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Taput Satika Simamora SE juga berharap, kegiatan Festival Tenun Nusantara 2018 yang memadukan ulos dan budaya akan menjadi awal bagi seluruh masyarakat untuk menampilkan yang terbaik.

“Festival ini akan menjadi awal yang baik. Pembinaan yang dilakukan selama ini kepada para petenun ulos sebenarnya untuk momen ini. Kita harus menampilkan yang terbaik,” ujarnya. (as/osi/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s