KM Ihan Batak Berlayar Desember 2018

Danau Toba – Pemerintah pusat berkomitmen bakal terus mengembangkan potensi wisata di Danau Toba, Sumatera Utara. Salah satu upaya memajukan wisata itu dengan membuat Kapal Motor (KM) Ro-Ro Ihan Batak.

Kapal wisata tersebut tergolong mewah. Nantinya kapak akan berlayar di Perairan Danau Toba, Parparean, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Direktur Utama Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo menjelaskan, proses pembangunan kapal kini sudah 90 persen rampung. Sedangkan 10 persen sisanya akan diselesaikan setelah di permukaan air. Termasuk pengerjaan aksesoris.

“Setelah proyek rampung, KM Ihan Batak ditarget dapat berlayar pada Desember 2018 mendatang,” kata Arie.

Dia mengajak masyarakat untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata internasional. “Secara tidak langsung KM Ihan Batak juga akan berkontribusi meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir,” ujarnya.

Selain itu, kehadiran KM Ihan Batak juga akan mempermudah akses masyarakat untuk menyeberang ke Kabupaten Samosir. Arie memastikan bahwa pemerintah pusat akan mendukung penuh upaya pengembangan pariwisata di Danau Toba.

Sementara itu, Bupati Tobasa Darwin Siagian mengatakan, masyarakat sekitar danau menyambut baik kehadiran kapal yang berbobot 300 GT itu. Pihaknya akan mendukung penuh pariwisata yang sedang digalakkan pemerintah pusat.

“Warga dan elemen masyarakat Tobasa sudah sepakat mendukung penuh pariwisata Danau Toba. Desember 2018 nanti dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai hadiah Natal,” papar Darwin.

KM Ro-Ro Ihan Batak adalah yang pertama di perairan Danau Toba bertonase besar. Nantinya akan ada penambahan kapal sejenis dengan tonase di bawah dan setingkat, sehingga akan ada 6 kapal di Danau Toba sebagai sarana penunjang pariwisata. (yuz/jpg/JPC/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s