Bupati Taput Hadiri Rapat di Kementerian PPN/Bappenas, dilanjutkan Rapat di Kemenko Kemaritiman.

Jakarta – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, MSi didampingi Kepala Bappeda Indra Simare-mare bersama dengan Kepala Daerah se-Kawasan Danau Toba dan Dr RE Nainggolan MM hadiri rapat di Kementerian PPN/Bappenas dengan topik ‘Agropolitan di Kawasan Danau Toba’ dan selanjutnya menghadiri Rapat di Kemenko Bidang Kemaritiman membahas pengembangan Pariwisata Danau Toba, (Jakarta, Selasa-21/8).

Pada kedua kesempatan tersebut, Bupati Tapanuli Utara menyampaikan beberapa usulan maupun masukan terkait pembangunan dan juga pengembangan pariwisata di Tapanuli Utara, diantaranya mengharapkan perhatian Perusahaan Inalum dalam bentuk CSR Dana Otoritas Asahan kepada Pemda, perubahan ketentuan-peraturan yang mengatur tentang pembebasan lahan hutan yang akan digunakan mendukung agrowisata dan pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya.
“Universitas Negeri ini nantinya akan ditempatkan di seluruh Tapanuli Raya dimana pembagian Fakultas sesuai dengan kondisi Pemda masing-masing. Kami meminta dukungan semua pihak dalam mewujudkan Universitas Negeri di Tapanuli Raya dan berharap masalah-masalah yang masih mengganjal akan dapat dituntaskan dengan baik,” tambah Bupati.
Bupati juga menjelaskan pentingnya pembangunan interkoneksi antar kabupaten seperti Garoga-Seimangke Labuhan Batu dan akses jalan pantai Barat dan Pantai Timur , pengembangan jalan nasional yang belum tersentuh dan volumenya masih sangat minim.
“Kami juga meminta dukungan Pemerintah Pusat dalam melakukan upaya diversifikasi produk pertanian selain kopi, mangga, nenas dan kakao yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan juga mendukung pariwisata,” ucap Bupati.

Rapat pertama dipimpin langsung oleh Menteri PPN/Bappenas Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro yang didampingi Direktur Pangan dan Pertanian menyampaikan beberapa poin, diantaranya Pengembangan Agropolitan perlu diimplementasikan dengan kerjasama seluruh Kepala Daerah se-Kawasan Danau Toba yang melibatkan pihak swasta, memperhatikan produk sayuran-buah harus kualitas yang layak, memangkas alur pendistribusian/agen/tengkulak dan mengakomodir kearifan lokal
“Kami bersama kementerian terkait akan mengevaluiasi Tata Ruang terkait Kawasan Hutan dan akan melaksanakan pengembangan infrastruktur jalan dan transport kereta api.
Semua harus berupaya keras dalam mewujudkan Agropolitan di Kawasan Danau Toba,”akhir sambutan Menteri PPN/BAPPENAS.

Selanjutnya, pada rapat kedua yang dipimpin Dr. Ridwan Djamaluddin Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur membahas tentang pengembangan jalan lingkar diluar Danau Toba dan Undang-Undang Perairan serta hal yang terkait dengan pelaksanaan Otorita Pariwisata Danau Toba. (Humpro/ramlan nababan)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s