Sejarah Huta Paranjoan turunan Tuan Nahoda Nababan

logo1.jpg
Sejarah Huta Paranjoan

Sedikit tentang sejarah asal huta paranjoan, Dusun Paranjoan Desa Lumbantongatonga, Huta Paranjoan terletak di atas bendungan Hulu Sungai Sigeaon, yang berbatasan di sebelah timur desa Paniaran (dusun Lumbansilintong), sebelah utara Desa Sitabotabo (dusun sibuntuon), dan sebelah barat dusun Lumbanpatik (desa Lumbantongatonga) sebelah selatan persawahan penduduk DusunParanjoan, di sinilah Ompu Tuan Nahoda Nababan bermukim pada masa itu dan mempunyai anak tiga orang yaitu Op Tuan Nagani Nababan dan Ompu Banggar Nababan dan satu borunya yang kawin dengan Raja Hoda Silalahi dari Pansurbatu Tarutung, di bawahnya perkampungan ada sebuah parhombanan Ompu Tuan Nahoda Nababan”Mual Simataniari yang masih berfungsi sampai sekarang, dan sekarang Huta Paranjoan menjadi daerah perlandangan yang ditanami kopi oleh pomparan ompu Sangga Raja, setelah beberapa tahun kemudian keturunan Tuan Nagani pindah ke Hutabagasan, dan disebut Huta Paranjoan sekarang dan keturunan dari Ompu Banggar pindah ke Lumban Holbung.

fotorn408.jpg

  1. Gambar : R. Nababan AMd, KTU SMK-1 Sipoholon memberikan hadiah juara I Lomba Kebersihan Ruangan dan Taman Sekolah pada HUT RI ke 62, di saksikan ketua PPLT Unimed Medan Hendra Hutagaol.
  2. Gambar : Ketua PPLT Unimed Medan Hendra Hutagaol dan panitia Nurdin Manalu, memberikan separangkat alat kebersihan kepada Juara I Lomba kebersihan kelas II O 1, di saksikan wali kelas II O 1, R. Nababan, AMd
  3. Gambar : R. Nababan, AMd, di ruang kerja KTU SMK-1 Sipoholon

Ompu Tuan Nahoda Nababan/boru Sianturi, (keturunan Nababan ke 11) adalah anak ke 3 dari Raja Nauli Nababan/br Simaremare (Amani Ujungbatu), Dusun Paranjoan merupakan tempat tinggal keturunan Tuan Nagani Nababan, yang didiami 60 KK, dan pada umumnya bercocok tanam seperti Padi, Kopi, ubi-ubian dan sayur-mayur dan memproduksi tape ubi yang dijual setiap hari di Kota Siborongborong. Jarak Siborong-borong – Simpang Siambolas (Desa Paniaran) 6 km arah Tarutung dan dari Simpang Siambolas masuk kanan menuju Dusun Paranjoan 600 meter dengan jalan raya aspal hotmix sampai simpang tiga Onan Butar 4,2 Km.

Kami turunan Pomparan Tuan Nahoda Nababan, mohon doa restu kiranya Tuhan yang maha pengasih memberkati pomparan Tuan Nahoda Nababan, tulisan ini masih kurang sempurna, mohon saran dari pembaca.

12 pemikiran pada “Sejarah Huta Paranjoan turunan Tuan Nahoda Nababan

  1. kami adalah perusahan ijuk yang memproduksi berbagai kerajina dari ijuk, di antaranya:

    1. Sapu ijuk : sapu ijuk adalah sapu (alat pembersih lantai) yang terbuat dari ijuk.untuk sapu ijuk kami menerima order untuk berbagai permintaan baik itu eksport ataupun lokal. Untuk sapu ijuk kami sering menerima order untuk beberapa kreteria pemesanan, di antaranya :
    a. kami hanya melakukan pemasangan dengan bahan ijuk dari kami dan bahan lain dari pembeli, harga yang kami tawarkan saat ini dari Rp 2300 sampai 7000 / unit sapu
    b. kami hanya menjual kepala sapu ijuk tanpa gagang kayu harga dari Rp 3000 sampai 8000 / unit sapu
    c. sapu ijuk yang sudah jadi seluruh matrial dan pengerjaan oleh kami(siap pasar) hrga dari 4500 sampai 25000
    2. tali ijuk.
    3. ijuk bahan sapu&sikat dll
    4. sapu ijuk
    5. sikat ijuk
    6. ijuk atap
    7. ijuk eksport
    8. ijuk resapan
    9. dan berbagai kerajian dari ijuk

    untuk memberi sedikit gambaran mengenai prodak kami bapak bisa kunjungi kami di
    http://www.ijukeksport.co.nr
    hp, 085224030304
    emal ijuk_eksport.co.id

    Suka

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.